fbpx
RAHASIA BISNIS SUKSES

MEMBONGKAR RAHASIA BISNIS SUKSES

RAHASIA BISNIS SUKSES

KALI INI KITA AKAN MEMBONGKAR RAHASIA BISNIS SUKSES YG JARANG DILAKUKAN ORANG.

Bisnis merupakan kegiatan menjual barang atau jasa guna memperoleh keuntungan setinggi-tingginya. Kegiatan bisnis banyak diminati banyak orang sekarang ini, hal ini tentu bukan tanpa sebab. Banyak sekali alasan seseorang yang akhirnya memilih dan bahkan nyaman untuk berbisnis. Misalnya saja, bagi banyak orang bisnis itu bisa kerja sesuai dengan keinginan, baik dari segi waktu, segi kreatifitas, dan segi mengambil keuntungan.

Bisnis juga dijadikan sebagai jalan keluar jika seseorang mulai jenuh dengan rutinitas pekerjaan yang terikat dengan atasan dan aturan. Akan tetapi, bisnis juga menjadi momok untuk sebagian orang yang takut jika bisnisnya gagal dan bangkrut, atau takut jika ditipu orang. Ketakutan ini tentunya bisa dicegah, untuk itu banyak pemula bisnis yang mulai mencari tahu dan belajar tips membangun sebuah bisnis agar tidak terjadi ketakutan-ketakutan tersebut.

Belajarpun bisa bersumber darimana saja, kapan saja, dimana saja, dan dari siapa saja yang hasilnya banyak juga yang sukses. Tetapi nyatanya sukses saja tidak cukup, yang paling penting alam berbisnis adalah mempertahankan kesuksesan. ini adalah salah satu kunci dalam rahasia bisnis sukses

Ada banyak cara juga untuk mempertahankan kesuksesan suatu bisnis, akan tetapi sedikit sekali orang yang melakukan atau mempraktekan cara-cara yang akan penulis uraikan dalam tulisan ini. 

Berikut ini akan penulis bongkar rahasia bisnis sukses yang jarang dilakukan orang, yaitu

  1. Keyakinan yang seimbang
KESEIMBANGAN BISNIS

Sebuah pepatah mengatakan bahwa hidup itu harus seimbang antara urusan dunia dengan akhirat. Ini berlaku juga dalam dunia bisnis.

Di dalam bisnis kita juga harus seimbang antara keinginan memperoleh keuntungan tinggi dengan usaha yang kita lakukan dalam meraih keuntungan tersebut. Sebagai contoh kejadian yang baru-baru ini terjadi, saat virus Covid-19 mulai memasuki Indonesia, masyarakat panik dan mulai membeli masker dan hand sanitizer dalam jumlah yang sangat banyak dengan dalih untuk simpanan atau stok.

Akibatnya, barang menjadi langka, sedangkan permintaan masih tinggi, dan akhirnya momen ini dimanfaatkan para pedagang untuk menimbun serta menjual dengan harga yang tinggi dengan asumsi, masyarakat akan tetap membeli meski dengan harga dua sampai lima kali lipat dari harga normal. Dampak selanjutnya, masyarkat berlih ke masker kain dan mulai membproduksi senidri masker kain untuk dijual dengan harga yang lebih murah dan dengan keunggulan masker ini bisa digunakan berkali-kali.

Begitupun dengan hand sanitizer, masyarakat mulai mebuat sendiri hand sanitizer dengan komposisi dan takaran yang diinfokan oleh pihak kesehatan. Momen inipun digunakan banyak orang untuk memproduksi masker dan hand sanitizer. Pertanyaannya, jika hampir semua orang memproduksi sendiri ke dua produk ini, dan bahkan jumlah produsen lebih banyak daripada konsumen, maka dapatkah bisnis ini memberikan untung yang tinggi? Tentu saja belum tentu.

Bagi dunia bisnis ini adalah keyakinan yang tidak seimbang. Keyakinan yang benar dalam menghadapi melonjaknya permintaan masker dan hand sanitizer adalah tetap menjualnya dengan harga normal dan pembatasan pembelian tiap orang.

Meski tidak mendapatkan untung yang tinggi, tetapi para pelaku bisnis atau penjual kedua barang ini setidaknya masih mendapatkan keuntungan dan tidak merugi karena menimbun banyak barang dan belum tentu habis terjual karena adanya produsen-produsen baru yang menawarkan alternatif lain seperti masker kain dan hand sanitizer buatan sendiri.

Bahkan penjual kedua barang inipun pada akhirnya lebih banyak dari peminat dan pembelinya, akibatnya keuntungan tinggi yang diharapkan, sulit untuk dicapai.

Dari kejadian ini, pebisnis seharusnya paham bagaimana dia tetap eksis dalam bisnis tapi tidak ikut berkecimpung pada bisnis yang sama, sehingga pebisnis ini bisa menjadi orang solutif

2. Open minded

RAHASIA BISNIS SUKSES HARUS OPEN MINDED

Open minded merupakan penerimaan terhadap perubahan baru yang mengarah pada sesuatu yang lebih baik, termasuk dalam berbinis. Dalam berbisnis open minded memiliki peranan yang sangat penting karena dari sini seseorang bisa menemukan inovasi-inovasi baru dalam berbisnis. Dapat kita ambil contoh startup Ruang Guru, Ruang Guru ini menawarkan bimbingan belajar berbasis kurikulum sekolah melalui video tutorial interaktif oleh guru dan animasi did aplikasi ponsel.

Ruang Guru ini bisa diakses online dan tidak terikat waktu pelaksanaan sehingga  bisa diakses siswa kapanpun dan dimanapun. Ruang Guru hadir sebagai alternatif bimbingan belajar model baru yang bisa menggantikan bimbingan belajar tatap muka. Startp ini telah menunjukkan pencapaian yang positif yaitu dengan makin banyaknya pengguna Ruang Guru. 

Ruang Guru tentunya menjadi ancaman bagi pebisnis bimbingan belajar konvensional tatap muka yang selama ini terus berkembang. Jika para pengusaha bimbingan belajar konvenional ini tidak memperbaiki kualitasnya jika mempertahankan konsepnya, bisa jadi bimbingan belajar konvensional akan ditinggalkan dan orang akan memilih ke bimbingan belajar online yang lebih fleksibel, praktis, dan hasilnya sama.

3. Riset yang cukup

RISET BISNIS SUKSES

Sebelum menetapkan suatu keputusan, biasanya para pelaku bisnis akan melakukan riset terlebih dahulu. Riset secara sederhana adalah penelitian yang bertujuan untuk menemukan fakta.

Riset diperlukan tetapi dalam kadar yang cukup dan pas saja, karena riset yang berlebihan justru akan membuat kebimbangan baru yang akhirnya tidak ada keputusan apapun yang akan diambil.

Riset ini bisa juga untuk mengetahui baik dan buruknya suatu kebijakan yang akan diputuskan berdasarkan pengalaman orang lain atau pengalaman diri sendiri sebagai pembelajaran. 

4.Miracle of giving

SEDEKAH PENTING DALAM BISNIS

Miracle of giving atau bisa juga kita sebut kekuatan memberi. Hal yang paling sering terlupakan dari pebisnis adalah memberi atau berbagi. Banyak orang yang berpikir bahwa berbagi itu hanya dilakukan orang dengan kondisi berkecukupan atau bahkan berlebih.

Padahal pada kenyataannya, berbagi sendiri tidak mengenal seberapa banyak yang kita punya, karena berbagi tidak hanya soal materi. Berbagi bisa dengan ilmu yang kita punya, karena dari ilmu tersebut, bisa menjadi ide baru bagi seseorang.

Bahkan berbagi justru akan membuat kita mendapatkan lebih. Misalnya saja berbagi ini kita ibaratkan dengan umpan pada kail pancing. Jika kail tidak ada umpan, maka tidak akan ada ikan yang mendekat, tetapi ketika umpan sudha terpasang, makan umpan akan dimakan oleh ikan. Ikan yang tersangkut kail karena memakan umpan inilah yang menjadi imbalan kita. Umpan yang digunakan memancing pasti umpan yang kecil, dan ikan yang didapat pasti lebih besar dari umpan. Dapat kita simpulkan, apa yang kita beri, berapapun itu, sebetulnya akan kembali pada kita dengan wujud yang lebih besar dari apa yang kita beri. 

Maka jika pebisnis ingin usahanya semakin besar, maka ada baiknya pebisnis membagi sebagian apa yang dimiliki kepada orang yang lebih membutuhkan. Karena pada akhirnya, apa yang dibagi akan kembali pada pemberinya dalam ukuran yang lebih besar.

5. Hemat

HEMAT DALAM BISNIS

Yang seringkali luput dari pengawasan pebisnis saat ini adalah hemat. Hemat dalam hal bisnis bukan berarti menekan biaya produksi serendah-rendahnya dan menginginkan kentungan setinggi-tingginya.

Ini tidak bisa disebut hemat, tetapi pelit. Hemat dalam bisnis berarti apa yang dikeluarkan oleh pebisnis harus menghasilkan dan balik modal atau mendapatkan keuntungan. Lalu apakah menekan biaya produksi itu hal yang salah? Oh tentu saja tidak. Kita ambil saja contoh paling sederhana, pekerja biro wisata, sebuah biro wisata sebelum memberikan harga penawaran kepada calon klien, ia terlebih dahulu melakukan riset melalui telp atau whatsapp mengenai harga, fasilitas, dan kondisi obyek atau tempat tujuan yang akan dituju.

Dalam hal ini sebuah biro telah melakukan penghematan dari segi waktu karena tidak perlu mengunjungi obyek tersebut secara langsung. Dan tentunya ini berimbas pada penghematan pengeluaran karena dalam hal ini penawaran biro tersebut belum tentu disetujui oleh klien calon klien. Sehingga biro ini tidak mengalami kerugian finansial yang besar dalam melakukan operasional bisnisnya.

BAGAIMANA RAHASIA MEMBANGUN BISNIS

Jadi dapat disimpulkan, bahwa rahasia bisnis sukses yang jarang dilakukan orang itu hanya ada lima;

  1. Keyakinan seimbang yang melahirkan pikiran yang positif dan teliti
  2. Open Minded, yang mampu membuat bisnis mampu bersaing 
  3. Riset yang cukup, supaya pebisnis mampu segera menetapkan keputusan yang tepat
  4. Miracle of giving, yang menjadi umpan kelancaran bisnis, dan terakhir
  5. Hemat mampu membuat bisnis bertahan karena keuangan diatur dengan baik

Versi Video untuk kalian yang lebih suka melihat dibandingkan membaca

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *